Properti Merupakan Sumber Penghasilan Berulang

Semua orang termasuk diri kita pribadi pastinya memiliki sebuah impian yang dimana kita hanya bersantai-santai tetapi tabungan di dalam rekening selalu mendapatkan pemasukkan setiap tahun maupun bulannya. Ternyata mimpi tersebut bukanlah hanya isapan jempol belaka, mimpi itu dapat kita wujudkan. Terdapat banyak cara untuk dapat memiliki penghasilan berulang, atau dalam bahasa Inggris adalah recurring income. Salah satu cara agar bisa memiliki pendapatan berulang adalah dengan cara berinvestasi.

investasi properti

Lalu muncul pertanyaan, bagaimana manfaatkan investasi di bidang properti demi mendapatkan penghasilan yang berulang? Anton Sitorus sebagai Direktur, Kepala Riset dan Konsultan Savills Indonesia menjelaskan bahwa jika tujuannya hanya untuk memperoleh penghasilan sampingan, jawaban terbaik adalah sewa properti. Saat ini peluang laba dalam sewa menyewa properti masih cukup menarik. Walaupun properti mengalami penurunan, tetapi sejatinya permintaan akan hunian tetap tinggi. Bagi mereka yang belum sanggup membeli hunian, tentunya lebih memilih untuk sementara waktu menyewa. Jika dihitung, di kawasan Jakarta sendiri mengalami potensi kenaikan harga sewa properti yang mencapai persentase 5% hingga 10% dalam jangka waktu satu tahun.

rumah

Pilihan jenis properti yang dapat disewakan kini begitu beragam. Para investor dapat mencari lahan yang memiliki lokasi strategis, guna mendirikan rumah yang bisa disewakan ataupun mendirikan indekos. Selain itu, investor juga dapat memanfaatkan berbagai penawaran yang ditawarkan dari para pengembang. Dimana saat ini banyak pengembang yang telah membangun berbagai jenis properti yang juga dapat disewakan, seperti apartemen, rumah, kondotel, kos, maupun ruko.

Dana Tak Terpakai

Jika kamu berniat untuk mengumpulkan penghasilan berulang dari hasil kegiatan menyewa properti, tentunya kamu harus terlebih dahulu memiliki sebuah properti yang akan disewakan nantinya. Sehingga, kamu harus menyiapkan dana guna membeli properti, atau kamu dapat membangun properti kamu sendiri. Namun perlu diingat, sebaiknya rencanakan dengan matang dana modal kamu.

sewa properti

Diana Sandjaja sebagai Perencana keuangan Tatadana Consulting menjelaskan bahwa dana yang merupakan modal untuk membangun ataupun membeli properti tersebut tidak berasal dari dana yang telah awalnya sudah memiliki tujuan. Terlebih lagi jika dana yang telah memiliki tujuan keuangannya tersebut, waktunya sudah semakin mendekat, sebaiknya jangan digunakan dana tersebut untuk tujuan lainnya.

Apabila berencana untuk melakukan investasi properti namun dana yang kamu miliki ternyata kurang. Kamu dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ditawarkan dari pihak bank, salah satunya kredit bank. Tetapi ingat, bahwa kamu tidak memiliki utang lain, dan cicilan kreditnya tidak boleh mencapai angka 30% dari penghasilan kamu setiap bulannya. Dengan modal tersebut, kamu dapat memilih untuk membangun properti sendiri atau membeli properti dari pengembang. Dimana keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Keunggulan Membeli Properti Dari Pengembang

membeli properti pengembang

  • Memiliki banyak pilihan yang dapat kita pilih, antaranya kondotel, apartemen, rumah, maupun kos
  • Tak perlu repot lagi harus mengurus berbagai perizinan

Keunggulan Membangun Properti Sendiri

membangun properti sendiri

  • Dapat membangun unit properti sesuai dengan apa yang kita inginkan
  • Mudah pula dalam menyesuaikan modal
  • Kamu juga dapat mematok harga tarif sewa properti

Comments Off on Properti Merupakan Sumber Penghasilan Berulang

Filed under Investasi

Comments are closed.