Hingga Bulan September, Simas Jiwa Meraup Return Sebesar 9,42%

Sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jiwa, kini berbondong-bondong menorehkan kinerja terbaiknya. Salah satunya yakni PT Asuransi Simas Jiwa yang hampir saja membukukan return investasi double digit. Direktur Utama PT Asuransi Jiwa, I.J. Soegeng Wibowo menuturkan bahwa selain cekatan dalam membukukan premi, pihaknya juga ofensif dalam menghasilkan return of investment (imbal hasil investasi). Hingga akhir bulan lalu, yakni September 2016, tercatat Simas Jiwa mencetak imbal hasil sebesar 9,42 persen secara ytd (year to date). Imbal hasil ini menukik tajam keatas jika dibandingkan pada periode sebelumnya di tahun yang sama, yakni sebesar 1,72 persen.

asuransi jiwa

Hal ini dinilai wajar lantaran PT Asuransi Jiwa baru saja berdiri pada tanggal 6 Oktober 2015, dimana sebelumnya dikenal sebagai nama PT Asuransi Jiwa Mega Life. Soegeng menambahkan bahwa pihaknya berharap imbal hasil investasi ini dapat bertahan, dan pada akhir tahun 2016 nanti dapat mencapai angka 10 persen.

Adapun letak dari kesuksesan PT Asuransi Jiwa dalam mencetak return of investment sebesar 9,42 persen tersebut, yakni pemilihan dalam instrumen investasi yang sangat tepat. Berdasarkan dengan prinsip dan karakter produk dari Simas Jiwa, yang dimana lebih memperbanyak unitlink penghasilan yang tetap, sehingga strategi investasi yang diterapkan oleh Simas Jiwa adalah dengan mengalokasikan secara minimum antara angka 80 persen hingga 85 persen pada instrumen surat utang, baik itu surat utang korporasi, maupun juga SUN (Surat Utang Negara). Adapun komposisi aset dasar utang tersebut, yakni SUN lebih kecil dibandingkan dengan surat utang korporasi, dan sisanya ditanamkan pada instrumen pada saham.

return of investment

Simas Jiwa telah memenuhi ketetapan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengenai pemenuhan minimum Surat Utang Negara sebesar 20 persen sampai akhir tahun ini, lantaran kepemilikan investasi pihaknya lebih banyak pada instrumen surat utang. Hingga kini, kepemilikan Surat Utang Negara milik Simas Jiwa telah mencapai angka 30 persen. Dimana hal ini menunjukkan bahwa Simas Jiwa telah memenuhi ketetapan wajib minimum Surat Utang Negara pada tahun 2017 mendatang.

grafik

Soegeng menambahkan jika salah satu strategi Simas Jiwa dalam memenuhi target premi di akhir tahun 2016 ini yakni sebesar Rp 6 triliun hingga Rp 7 triliun adalah pergerakan pasif terkait kerja sama dengan sejumlah mitra perbankan. Sehingga, dengan bekerja sama dengan sejumlah bank, maka akan ada peluang Simas Jiwa untuk mengeluarkan berbagai produk terbaru.

perbankan

PT Asuransi Jiwa juga akan menambah jalur bancassurance. Dimana jalur tersebut hingga kini masih menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan bagi sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Direktur PT Asuransi Simas Jiwa, Lucky Siahaan menjelaskan jika pihaknya saat ini tengah menargetkan 3 bank sebagai mitra bancassurance hingga akhir tahun 2016 ini. Namun, pihaknya belum bersedia untuk merinci mengenai identitas calon mitra tersebut. Pihaknya hanya mengatakan jika dua dari tiga bank yang akan menjadi mitra bancassurance adalah bank asing. Sedangkan satu bank nantinya merupakan perbankan dalam negeri.

 

Comments Off on Hingga Bulan September, Simas Jiwa Meraup Return Sebesar 9,42%

Filed under Keuangan

Comments are closed.