Anak Perusahaan PGN Klaim Temukan Cadangan Migas Baru

Anak usaha dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), yakni PT Saka Energi Indonesia, telah berhasil menemukan cadangan migas baru. Hingga detik ini, total produksi dari Saka Energi mencapai angka 28.000 hingga 30.000 boepd atau barrel of oil equivalent per day). Tumbur Parlindungan yang kini menjabat sebagai Chief Operation and Commercial Officer Saka Energi mengatakan bahwa di Blok Pangkah, Jawa Timur telah ditemukan cadangan migas. Rencananya pada hari Kamis tanggal 29 September 2016, pihak kami akan mengadakan pernyataan akan hal tersebut (press conference).

PT Saka Energi Indonesia

Akan tetapi, pihaknya menolak untuk mengatakan berapa besar jumlah dari cadangan migas baru yang telah ditemukan di Blok Pangkah, Jawa Timur ini. Selain itu, pihaknya juga tidak bersedia untuk menuturkan mengenai rencana dalam penyusunan PoD (plan of development). Tumbur mengatakan bahwa tunggu saja pada hari Kamis minggu ini, mengenai pernyataan dari Kepala SKK Migas, dan tanyakan kepada pihak SKK Migas.

Direktur Pembinaan Hulu Migas Kementerian ESDM, Tunggal menjelaskan bahwa hingga saat ini belum menerima laporan secara resmi dari Saka Energi mengenai penemuan tempat cadangan minyak baru tersebut. Pihaknya juga tidak mengetahui apakah penemuan cadangan baru tersebut merupakan yang berasak dari struktur baru, atau melainkan pengembangan dari beberapa struktur yang sudah ada sebelumnya. Lantaran Blok Pangah merupakan blok minyak yang telah berproduksi. Namun ternyata, penemuan migas tersebut berasal dari proses pemboran sumur eksplorasi Sedayu 3 dan juga Sedayu 4. Dimana kedua Sedayu tersebut adalah kelajutan dari Sumur Sedayu 1 di Blok Pangah, yang telah beroperasi sejak tahun 2011.

Blok Pangah

Sementara itu, Muliawan selaku Deputi Pengendali Operasional SKK Migas mengatakan bahwa telah terbukti ditemukan cadangan minyak di sumur eksplorasi Sidayu-4 K3S Saka. Pembuktian ini berdasarkan hasil dari DST (drill stem test) disekitar angka 2.500 boepd (barrels of oil per day).

Berdasarkan catatan, bahwa Saka Energi sudah menargetkan untuk segera mengajukan POD (plan of development) dua blok, yakni Blok South Sesulu di Kalimantan Timur dan Blok Pangkah di Jawa Timur dalam jangka waktu dua tahun mendatang. Namun pengajuan tersebut berlandaskan jika aktifitas dalam pengeboran satu sumur di kedua sumur tersebut pada tahun ini dikatakan berhasil dalam menemukan cadangan minyak baru.

Migas Baru

Pada saat ini, Saka Energi telah mencatatkan bahwa produksi minyak mencapai angka 28.000-30.000 boepd (barrel of oil equivalent per day). Adapun produksi minyak tersebut berasal dari dua, yakni paling besar hingga mencapai 160 – 190 million standard cubic feet per day (mmscfd), dimana angka tersebut bersumber dari lapangan gas Fasken yang terletak di negara kedua terbesar di Amerika Serikat, yakni Texas. Sedangkan sisanya bersumber dari Blok South East Sumatera dan Blok Pangkah Madura, Jawa Timur.

Comments Off on Anak Perusahaan PGN Klaim Temukan Cadangan Migas Baru

Filed under Energi

Comments are closed.